Ketua VPC Heru Joko Serukan Perdamaian dengan The Jakmania

Ketua VPC Heru Joko Serukan Perdamaian dengan The Jakmania

Kamis, 27 Juli 2017 | 20:36 WIB
KETUA Umum Viking Persib Club (VPC)‎, Heru Djoko, menyerukan perdamaian dengan suporter Persija Jakarta, The Jakamania. Hubungan kedua kelompok suporter ini memang sudah bertahun-tahun tidak harmonis.

Heru menegaskan, insiden meninggalnya Ricko Ricko Andrean akibat salah paham hingga dikeroyok oknum Bobotoh di laga Persib kontra Persija Jakarta, tidak boleh terulang lagi.

Ricko menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 10.10 WIB setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Santo Yusup, Jalan Cikutra, Kota Bandung, selama empat hari.

Ricko adalah bobotoh kelima yang meregang nyawa akibat perseteruan antar suporter, empat orang lainnya adalah Rangga Cipta Nugraha (22), Lazuardi (29), Dani Maulana (17), dan Ravi Arrahman (17).

"Harus damai. Sudah sangat keterlaluan, Sepakbola itu hiburan, harusnya senang, sekarang semua harus bisa introspeksi diri, kita harus membangun atmosfer positif mulai dari diri sendiri, harus bisa menciptakan rasa aman bagi sesama, semoga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi di masa depan" tegas Heru, Kamis (27/7).

Heru sudah memiliki langkah agar perseteruan antara bobotoh dan The Jakmania bisa reda. Salah satunya, kata dia, rajin mendatangi suporter kedua tim yang berada di daerah perbatasan, dimana Bobotoh dan The Jakmania kerap terlibat keributan.

"Banyak langkah, seperti bertemu dengan teman-teman di perbatasan, sosialisasi damai," jelas Heru.

Ia mengakui, tidak mudah menyatukan perseteruan kedua kelompok suporter ini. Namun, Heru akan terus berupaya mewujudkan perdamaian tersebut, dia pun meminta dukungan dari berbagai pihak, termasuk PSSI. 

"Kita akan konsolidasi dengan semua dan mendengar masukan dari berbagai pihak," Heru memungkasi.

Sebelumnya, tepatnya Rabu (26/7/2017), Heru bersama Ketua Umum The Jakmania Ferry Indra Sjarif sempat menjenguk Ricko di Rumah Sakit Santo Yusup, Jalan Cikutra, Kota Bandung. Ia pun menulis dalam Instagram Infokomjakmania.

"Sepak bola bukanlah ritual yang harus memakan tumbal! Semoga sakitmu kemarin menjadi penggugur dosa. Amal ibadahmu diterima dan mendapat terbaik di sisi Allah SWT," tulis Ferry.





REVA KINARA / VPC / RED1

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Kamis, 14 September 2017 | 19:11 WIB

    Udunan #KoinuntukPSSI Dibuka Hingga Dua Pekan

  • Sabtu, 9 September 2017 | 16:21 WIB

    Fanshop FC Juara Liga Pelajar Piala Menpora 2017


Iklan Footer