Kini, Piala Presiden Terganjal Rekomendasi BOPI

Kini, Piala Presiden Terganjal Rekomendasi BOPI

Jumat, 12 Januari 2018 | 21:46 WIB

PERNYATAAN mengejutkan disampaikan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang bisa membuat gelaran Piala Presiden 2018 tertunda atau mundur.

Organisasi yang dipimpin M Noor Aman itu tidak akan menerbitkan rekomendasi Piala Presiden 2018 sebelum verifikasi dilakukan. BOPI bahkan mengimbau Polri tak menerbitkan izin penyelenggaraan pertandingan Piala Presiden.

Ketua Tim Verfikasi BOPI Iman Suroso telah menggelar pertemuan dengan pihak PSSI yang diwakili Marco Gracia Paulo dan wakil PT Liga Indonesia Baru, Risha Adi Wijaya dan Tigor Boboy, yang bertindak sebagai Organizing Committe (OC).

Dikatakan Iman, pihak penyelenggara Piala Presiden mengharapkan toleransi agar proses verifikasi bisa dilakukan sesudah 20 Januari. Sebab, tanggal tersebut merupakan batas waktu bagi klub-klub untuk melengkapi berkas administrasi.

BACA JUGA: Supardi: Kapten Itu Bukan Orang yang Hebat dan Jago

Verifikasi dinilai sangat penting, mengingat turnamen tersebut mernggunaan nama Presiden, yang harus dijaga  mertabatnya. Ketua Tim Verfikasi BOPI Iman Suroso menyebutkan, sedikitnya lima tim peserta Piala Presiden belum pernah diverifikasi.

Tiga klub di antaranya adalah klub promosi seperti Persebaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang. Sementara dua klub lainnya yang berasal dari Liga 2, Martapura dan PSPS Pekan Baru, juga belum pernah diverifikasi.

Verifikasi dilakukan agar klub-klub memiliki legalitas yang jelas, termasuk daftar pemain di mana di dalamnya terdapat pemain asing.

"Jangan sampai Piala Presiden ternoda karena pesertanya masih memiliki persoalan legalitas, sehingga memiliki risiko tinggi terhadap persoalan hukum yang akhirnya berdampak buruk pada atlet-nya," kata Iman Suroso, dilansir CNNIndonesia.com.

Piala Presdien diikuti 20 klub peserta yang terdiri dari klub Liga 1 (termasuk 3 klub promosi) dan 2 klub Liga 2. Rencananya, turnamen pramusim edisi ketiga ini akan digelar pada 16 Januairi hingga 17 Februari 2018.

Sementara itu, Ketum BOPI Noor Aman mengimbau kepolisian untuk tidak memberikan izin keramaian pada empat lokasi penyelenggaraan Piala Presiden sebelum ada rekomendasi resmi dari BOPI.

NAZZAL RAMADHAN / VPC / RED2

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Selasa, 16 Januari 2018 | 01:03 WIB

    Stadion Kanjuruhan Mendadak Batal Jadi Venue Grup E

  • Senin, 15 Januari 2018 | 22:57 WIB

    Dalih Konate Tak Penuhi Janji Kembali ke Persib


Iklan Footer