Bobotoh Persib Sudah Ampuni 'Dosa' Eka Ramdani?

Bobotoh Persib Sudah Ampuni 'Dosa' Eka Ramdani?

Rabu, 13 Desember 2017 | 19:45 WIB
. Foto: Bandungnewsphoto.com

EKA Ramdani pernah memposisikan sebagai musuh bobotoh Persib Bandung ketika memutuskan pergi dari Maung Bandung dan bergabung dengan Persisam Samarinda jelang kompetisi musim 2011/2012.

Keputusan Eka saat itu cukup menyayat hati sebagian bobotoh karena Eka pergi di saat banyak pihak yang sudah menganggapnya sebagai ikon Maung Bandung dan saat itupun Eka bisa dikatakan sedang berada di puncak karier. Salah indikatornya, Eka kerap dipanggil masuk Timnas Indonesia.

Saking kecewanya, bobotoh menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Stadion Persib dan bahkan mendatangi outlet usaha distro milik Eka serta membakar jersey pemain asal Purwakarta itu. Ungkapan 'Tanpa Eka Ramdani Persib Bisa Juara' kerap didengungkan oleh bobotoh kala itu.

Akhirnya, ungkapan itu menjadi kenyataan. Persib bertakhta di kompetisi ISL musim 2014, dan tak kalah membanggakannya bisa juara di turnamen Piala Wali Kota Padang 2015 serta Piala Presiden 2015. Rentetan trofi juara tersebut diraih Persib di saat karier Eka seolah terus mengalami penurunan.

BACA JUGA: Bukan Persib, Ini Klub Pilihan Ilija Spasojevic

Kini setelah 6 tahun berselang, Eka kembali ke Persib. Dia hadir di sesi latihan perdana Maung Bandung jelang kompetisi Liga 1 Indonesia 2018 yang digelar di Lapangan Sesko AD, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (13/12/2017) sore.

Kehadiran Eka mengundang tanya, terutama dari bobotoh yang pernah dibuatnya kecewa. Meski membawa beban masa lalu, tapi sejumlah pentolan komunitas bobotoh, Viking Persib Club (VPC) menyatakan tak mempermasalahkan kehadiran Eka, bahkan jika pemain yang kini sudah berusia 33 tahun itu resmi berseragam Maung Bandung.

Dirigen Viking Yana Umar, tak mempermasalahkan Eka kembali merapat. Asalkan, tenaganya memang dibutuhkan tim Maung Bandung. "Kalau misalkan dibutuhkan mangga. Kalau sekadar ingin latihan atau seleksi itu juga gimana Persib," kata Yana.

"Trek recordnya jelek, tapi enggak terus-terusan menghujat. Kalau sesuai kebutuhan tim tidak masalah. Allah saja pemaaf. Kalau bersalah," sambungnya.

Yana sendiri secara pribadi menyatakan memiliki hubungan yang baik dengan Eka karena kerap saling bertemu di acara keagaman. Secara pribadi, dia mengenal Eka sebagai sosok yang baik. "Di luar lapangan Eka baik. Suka kajian bareng. Jadi tidak masalah," ucapnya.

Senada dengan Yana, Ketua Viking Girl Triana Pudjiastuti pun tidak mempermasalahkan bilamana Eka benar-benar bergabung. Asalkan, memang dibutuhkan dalam komposisi tim racikan Mario Gomez. "Karena Eka sendiri memang Persib banget aslinya," ucap Triana.

"Biarkan dia (Mario Gomez) bekerja dulu tanpa intervensi dari manapun nanti kita liat hasilnya bukan begitu? Terlepas dari setuju atau tidak dan suka atau tidak," katanya.

Namun secara pribadi, Ana mengenal baik sosok Eka. Menurut dia, Eka adalah pemain yang bisa diandalkan di sektor tengah. "Saya pribadi kenal Eka dan dia baik saya respect," pungkasnya.

NAZZAL RAMADHAN / VPC / RED2

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Sabtu, 13 Januari 2018 | 17:39 WIB

    Dari Supardi Buat Bobotoh, Terutama Viking Dimanapun

  • Senin, 18 Desember 2017 | 18:57 WIB

    Gomez Diminta 'Hukum' Pemain yang Belum Bergabung

  • Rabu, 13 Desember 2017 | 19:45 WIB

    Bobotoh Persib Sudah Ampuni 'Dosa' Eka Ramdani?


Iklan Footer