PSSI Akan Gunakan Wasit Asing, Lokal Diperketat

PSSI akan penggunaan wasit asing pada kompetisi musim 2017 nanti. Itu merupakan salah satu program PSSI dalam membenahi kepemimpinan wasit di persepakbolaan Indonesia.

Dari berbagai ajang sepakbola di Indonesia, memang banyak keluhan bahkan kritik pedas dilontarkan klub-klub dari kasta tertinggi maupun yang terendah menyikapi kepemimpinan wasit dalam setiap pertandingan.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono wasit pun berharap pada kompetisi resmi nanti sudah ada wasit asing yang memimpin dalam beberapa pertandingan.

“Itu (wasit asing) menjadi program PSSI. Kami berharap, ada 10-15 persen dari jumlah pertandingan bisa dipimpin wasit asing,” kata Jokdri seperti dikutip dari goal.com

Meski begitu, pihak PSSI pun tak ingin menyingkirkan secara langsung wasit-wasit lokal yang sudah terbiasa dengan kultur sepak bola tanah air.

Dengan begitu, menurut wakil ketua umum PSSI, Joko Driyono pihaknya tetap terus mebuat program untuk peningkatan kualitas wasit lokal agar nantinya bisa bersaing dengan wasit-wasit asing atau dalam artian memiliki wasit lokal yang berlisensi FIFA.

“PSSI juga ingin melakukan seleksi ulang terhadap wasit-wasit lokal yang ada. Terobosan ini masih di Exco (Komite Eksekutif) PSSI, khususnya di Komite Wasit,” jelas Joko.

Seperti diberitakan sebelumnya, PSSI berencana akan mulai menggunakan wasit asing dalam kompetisi resmi 2017 pada 26 Maret nanti yang diikuti oleh 18 klub. Nantinya, wasint asing itu ditunjuk untuk memimpin skitar 10%-15% pertandingan saja sisanya oleh wasit lokal. (vpc)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

/*dink google analytic*/ /*dink google analytic*/