PSSI Dan Menpora Sepakat Kongres Di Jakarta

PSSI dan Kemenpora sepakat Kongres Pemilihan PSSI digelar di Jakarta, bukan Yogyakarta atau Makassar. (Bola.com/Kemenpora)

PSSI dan Kemenpora sepakat Kongres Pemilihan PSSI digelar di Jakarta, bukan Yogyakarta atau Makassar. (Bola.com/Kemenpora)

PSSI dan Kemenpora akhirnya menyepakati lokasi pelaksanaan Kongres PSSI dengan agenda utama pemilihan kepengurusan baru periode 2016-2020 di Jakarta.

PSSI yang diwakili Plt Ketua Umum, Hinca Panjaitan, dan Sekjen Azwan Karim, serta Ketua Komite Pemilihan yang jadi pelaksana kongres, Agum Gumelar, bertemu dengan Menpora Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Jakarta.

Hasilnya, disepakati bila Kongres Pemilihan PSSI digelar di Jakarta. Bukan Yogyakarta seperti yang direkomendasikan Kemenpora atau Makassar seperti keputusan Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Seusai pertemuan, dalam sesi konferensi pers, Kemenpora yang diwakili Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Gatot S. Dewabroto, didampingi Azwan Karim, mengungkapkan bila keputusan kongres digelar di Jakarta diambil dengan sejumlah pertimbangan.

“Semula Kemenpora masih ingin bertahan sesuai rekomendasi kongres di Yogya. Tetapi, melalui pertimbangan dan kepentingan yang lebih besar, disepakati kongres tetap berlangsung pada 17 Oktober 2016, tetapi di Jakarta,” kata Gatot S Dewa Broto usai pertemuan seperti dikutip Bola.com.

Gatot juga menjelaskan bila pertemuan berjalan baik. Menpora menjelaskan alasan yang mendasari keluarnya rekomendasi kongres diselenggarakan di Yogya. Begitu pula sebaliknya dari pihak PSSI. “Akhirnya bisa saling memahami dan diambil keputusan bersama,” lanjut Gatot.

Dengan sisa waktu lima hari jelang pelaksanaan, PSSI diharapkan terus melanjutkan persiapan. “Semoga kongres sukses demi kebaikan dunia sepak bola Indonesia,” kata Gatot.

Dengan adanya keputusan ini diharapkan tidak ada lagi polemik. Namun demikian, meski sudah ada kesepakatan belum bisa sepenuhnya dijalankan oleh PSSI. Apalagi induk organisasi sepak bola Indonesia itu juga harus melakukan komunikasi ulang dengan AFC dan FIFA.

Menurut Sekjen PSSI Azwan Karim, dengan waktu yang ada pihaknya memang harus bergerak cepat karena persiapan di Makassar sebelumnya telah berjalan. Sebelum menentukan langkah, pihaknya terlebih dahulu mengkomunikasikan hasil pertemuan dengan Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

“Tugas saya adalah mengkomunikasi hasil pertemuan ini di ke Exco. Selanjutnya hasil ini akan dirapatkan kembali. Yang jelas, kami memang harus bergerak cepat,” katanya usai pertemuan.

Terkait komunikasi ulang dengan AFC dan FIFA, kata dia, pihaknya menegaskan akan segera dilakukan. Pihaknya tidak ingin apa yang dilakukan berbenturan dengan aturan organisasi yang ada. Apalagi AFC dan FIFA sebelumnya dijadwalkan akan menghadiri Kongres PSSI di Makassar.

Jika dilihat dari tahapan yang akan dilakukan PSSI, keputusan terakhir bakal ada ditangan Exco, AFC dan FIFA. Hanya saja jika komunikasi terjadi deadlock maka peluang kongres diundur selama delapan pekan sesuai dengan statuta cukup terbuka. (vpc)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

/*dink google analytic*/ /*dink google analytic*/